ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Penulis : Nurfazrin Ismail dan Elma Erliana Putri


MEDIA CENTER (03/11/2018) - Seragam sekolah merupakan pakaian yang digunakan siswa-siswi sebagai bagian dari almamater suatu lembaga pendidikan, baik Negeri maupun Swasta. Pada sekolah-sekolah tertentu, kewajiban mengenakan seragam sudah menjadi bagian dari tata tertib dan dilaksanakan secara ketat, mulai dari ketentuan bentuk, bahan, atribut yang dikenakan, bahkan termasuk cara pembeliannya. Malu jika kita tidak berpakaian sesuai dengan kesepakatan bersama antara guru dan siswa, serta antara pemerintah dan kepala sekolah.

Sebagai siswa dari sekolah terbesar di Provinsi Gorontalo kita harus tetap menjaga keseragaman berpakaian. Selain merupakan bentuk ketaatan pada aturan, melalui seragam yang dikenakan pula masyarakat dapat mengenali siswa dan sekolah tempat ia menuntut ilmu.

Banyak kendala yang sering dialami oleh para siswa sehingga mereka tidak bisa menjaga kekompakan dengan teman-teman disekitarnya. Salah satunya adalah tidak bisa menjaga kebersihan pakaian sehingga tidak layak lagi untuk dipakai di hari berikutnya. Ini yang menjadi alasan mengapa mereka mengenakan pakaian yang tidak sesuai hari yang telah ditetapkan. Untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya mereka harus pahami bahwa setiap siswa wajib menjaga kebersihan di luar maupun di dalam sekolah dan juga mereka harus mengerti arti kekompakan dengan sesama teman, serta pentingnya menjaga nama baik sekolah melalui identitas yang dikenakan.

Kebersamaan adalah sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa. Selayaknya kepentingan bersama lebih diutamakan dari kepentingan pribadi. Maka dari itu budayakanlah kebersamaan melalui keseragaman berpakaian.

Kesimpulan saya dari masalah di atas, disiplin adalah bentuk dari karakteristik siswa yang sesungguhnya dan juga kebersamaan dalam berpakaian adalah bentuk penghargaan kita sebagai siswa di sekolah yang dikenal oleh banyak orang. Saran saya sebagai siswa yang juga banyak dikelilingi oleh siswa-siswi yang masih tidak taat aturan adalah tetap menjaga rasa kekeluargaan dengan sesama teman. Menjaga nama baik sekolah, tidak melanggar aturan yang berlaku, dan tetap disiplin di dalam lingkungan sekolah.


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 63 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id