ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Menumbuhkan budi pekerti melalui pembiasaan dan memotivasi siswa untuk mau membaca dan menulis, menjadi salah satu tujuan Gerakan Literasi Sekolah, yang dalam jangka panjang diharapkan mampu menghasilkan anak-anak yang memiliki kemampuan literasi tinggi. Dampak dari kemampuan yang dimiliki akan menjadi mercusuar ketika mereka menjadi bagian dari masyarakat, berkat kecerdasan mereka dalam mengakses, memilih dan memilah, serta menggunakan informasi secara lebih tepat guna, dalam kehidupan sehari-hari, papar Lindawati Nggilu saat menayangkan video setahun kegiatan literasi SMK pada pembukaan Kegiatan GLS dalam rangka bulan bahasa (Kamis, 25/10/2018).
 
DSC-06621.jpg
 
Kegiatan yang mengusung tema “Dengan semangat bulan bahasa, mari kita sukseskan Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya memperkuat budi pekerti peserta didik”, berlangsung di halaman perpustakaan sekolah dan dibuka oleh Kepala Bidang GTK Dikbudpora Provinsi Gorontalo Drs. Amran Pahrun, M.Si. Mewakili Kepala Dinas Dikbudpora, Amran sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena untuk tingkat satuan pendidikan SMA sudah dimulai oleh SMK Negeri 1 Gorontalo. 
 
Turut hadir pada acara itu Pengawas Pembina SMK Dra. Reti Bala, MM, Wakil Kepala Sekolah, Kepala-kepala Kompetensi Keahlian, Guru-guru Bahasa Indonesia, 90 siswa peserta bedah buku, 30 siswa peserta workshop jurnalistik media serta turut memberikan sambutan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo Dr. Sukardi Gau, M.Hum.
 
Sebelum acara dimulai suasana halaman perpustakaan sudah dikerumuni siswa yang membeli berbagai macam buku. Bazar buku yang disponsori Toko Buku Gramedia dan Bintang Pekolangan menambah meriah suasana. Kerumunan siswa yang antri membeli buku seolah mempertegas kehausan siswa akan buku bacaan, hal ini berkat suksesnya kegiatan 15 menit membaca diawal jam pelajaran yang digagas pihak sekolah, tutur beberapa siswa yang ditemui tim liput SMeKOne Media Center.
 
Workshop.jpg
 
Hari pertama selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan bedah buku, menghadirkan salah seorang penulis terkenal. Irvandi Ontalu yang dikenal dengan nama panggilan Irata membedah karyanya “Diantara Dua Sujud” yang saat ini lagi populer dikalangan remaja. Usai bedah buku dilanjutkan dengan Workshop Fotografi Jurnalistik dan Menulis Berita Feature bertempat di ruang perpustakaan dengan pemateri Muhajirin AHM, S.IKom. Sementara pada hari kedua di ruang yang sama, 30 siswa menerima materi Penulisan Artikel yang dipandu langsung oleh salah seorang dosen Universitas Negeri Gorontalo. Mira Mirnawaty, S.Pd, M.Pd yang juga pemilik Penerbit Diaz mengajak siswa menemukan gagasan serta mewujudkannya dalam naskah artikel, yang penyuntingannya melibatkan pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia.
 
Penutupan.jpg
 
Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo menutup rangkaian kegiatan pada Sabtu (27/10/2018) di ruang perpustakaan sekolah. Drs. Ruslan S. Payu, M.Pd dalam sambutannya mengapresiasi  karya tulis siswa, dengan harapan lebih digiatkan lagi. Kebanggan terukir diwajah kepala sekolah manakala melihat karya siswa berupa 14 artikel yang diulas dengan struktur bahasa yang baik. Berikut 14 judul artikel karya siswa yang nantinya akan menghiasi website dan tabloid sekolah :
 
  1. Dampak Penggunaan Smartphone di Sekolah
  2. Rahasia Sukses di Zaman Now
  3. Ketika Seragam Kita Berbeda
  4. Denda Bagi yang Tidak Membaca
  5. Bank Sampah
  6. Tubuh Ideal Tak Harus Mahal
  7. Kenali Sampah Organik dan Anorganik di Sekitarmu
  8. Parkir Butuh Keamanan
  9. Kantin Bersih Siswa Sehat
  10. Disiplin Itu Keren
  11. Kelas Bersih Siswa Nyaman
  12. Kenali Literasi Baca-Tulis Melalui Literasi Digital
  13. Program KIK Menuju Kelas ASSRRI
  14. 5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Siswa
 

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 71 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id