ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

MEDIA CENTER (22/10/2018) - Kekuatan fisik yang tidak dibarengi ketenangan batin bukan cirikhas ksatria sejati. Kemampuan meredam emosi secepat mungkin akan memengaruhi kinerja nalar dan alam bawah sadar sebagai titik kontrol diri dalam menghadapi lawan, tutur Irwan Husain saat membimbing pesilat baru sebelum adu tangkas. 
 
Pencak_Silat.jpg
 
Sebagai pembimbing materi extrakurikuler bidang pencak silat, Irwan menekankan pentingnya ketenangan sebagai bentuk mawasdiri menghadapi lawan tanding. Sedikit saja kelalaian dan perhatian menjadi buyar walau sesaat, hanya akan memberi peluang bagi lawan menemukan titik lemah dan menghajar kita dengan telak, tandasnya.
 
Pencak silat menjadi salah satu bidang extrakurikuler yang banyak diminati peserta didik. Beladiri yang berbalut seni ini telah memberi 1 medali emas melalui Firmasyah Ibrahim pada ivent O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) yang berlangsung di Jakarta pada September 2018. Siswa yang duduk dibangku kelas XII (duabelas) Rekayasa Perangkat Lunak itu meraih emas pada kategori lomba Tanding dan Seni.
 
Prestasi yang diukir Firmansyah berdampak pada bertambahnya jumlah pesilat baru dari kalangan siswa kelas X (sepuluh). Ramainya siswa saat mengikuti kegiatan ektrakurikuler yang dilaksanakan setiap sore usai pulang sekolah di halaman depan SMK Negeri 1 Gorontalo bukan lagi menjadi pemandangan baru.  Rutinitas siswa berlatih di sore hari menunjukkan giatnya peserta didik mengasah minat dan bakat melalui pembelajaran non formal. 
 
Saat ditemui tim liput MC, Drs. Ruslan S. Payu, M.Pd berharap prestasi yang sudah diukir harus mampu dipertahankan. Mempertahankan juara lebih sulit dari upaya untuk meraihnya. Sejalan dengan harapan kepala sekolah, Irwan menargetkan untuk O2SN nanti harus ada pesilat putri yang meraih emas, mengingat prestasi yang diraih Firmansyah telah memberi dampak keberuntungan bagi sasana. Bantuan berupa fencing, body protektor, kone, stopwatch dan pluit merupakan wujud kepedulian pemerintah provinsi dalam mengapresiasi raihan siswa yang mengharumkan nama Gorontalo dikancah nasional.
 

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 61 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id