ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Salah satu model pengelolaan pendidikan kejuruan untuk memperbaiki kualitas dapat dilaksanakan dengan pendekatan pengelolaan pendidikan yang berbasis industri dan keunggulan wilayah, dengan menginduksikan prinsip-prinsip kualitas yang diterapkan industri ke dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill sesuai tuntutan kompetensi kerja yang dibutuhkan dunia industri, agar SMK dapat dikatakan memiliki kinerja yang baik jika kepuasan pelanggan internal seperti peserta didik, guru, dapat bersinergi dengan pelanggan eksternal seperti dunia industri, perguruan tinggi, termasuk orangtua peserta didik.
 
Rapat_Analisis.jpg
 
Demi tercapainya hal tersebut, diadakan kegiatan rapat analisis peta kebutuhan industri atau keunggulan wilayah, identifikasi dan pemetaan SMK sekitar. Rapat yang merupakan bagian dari program Revitalisasi SMK berbasis industri atau keunggulan wilayah ini diikuti oleh sembilan kompetensi keahlian beserta perwakilan DU/DI.
 
Kegiatan berlangsung selama sehari (Sabtu, 20/10/2018) yang dilaksanakan di aula lantai dua SMK Negeri 1 Gorontalo dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo. Dalam sambutannya Ramlah Habibie, S.Pd, MM sangat mendukung kegiatan ini, apalagi mengusung keunggulan wilayah berupa kerajinan kerawang (karawo) yang menjadi salah satu ciri khas budaya Gorontalo.
 
Turut hadir pada kegiatan itu, Kepala Bidang PSMK Dikbudpora Provinsi Gorontalo Ernawaty Panu, S.Pd, MM, Koordinator Pengawas Provinsi Gorontalo Drs, Rustam Umalu, M.Si, Pengawas Pembina SMK Negeri 1 Gorontalo Dra, Rety Bala, MM dan mengundang pemateri dari DU/DI Yunan Harahap, SE selaku ketua bidang UKM pada Asosiasi Pengusaha Indonesia.
 
Tujuan diadakannya kegiatan ini demi meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran di SMK sesuai tuntutan standar industri, membangun pola kemitraan dengan industri dalam rangka mengatasi kesenjangan lulusan di dunia kerja, mendorong SMK mewujudkan pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler atau ekstrakurikuler yang kontekstual dengan keunggulan wilayah dan memberdayakan SMK untuk peningkatan peran serta dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat sesuai potensi daerah.
 
Sementara itu, kepala SMK Negeri 1 Gorontalo dalam sambutannya mengharapkan rapat analisis kali ini benar-benar memberi solusi tercapainya tujuan mengembangkan potensi budaya berupa kerajinan karawo yang saat  ini sudah mendunia serta memberikan peluang kepada SMK untuk bereksplorasi menerapkan pembelajaran yang selaras dengan industri. MC@Jessica
 

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 53 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id