ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Salah satu agenda rutin yang dilakukan wisatawan asing maupun domestik adalah jamuan makan yang bersifat resmi. Untuk mengenal dan mengetahui etika dan sikap menghadiri jamuan tersebut atau yang dikenal dengan table manner kepada siswanya, prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) SMK Negeri 1 Gorontalo melakukan kerjasama dengan UTC Damhil. Kegiatan berlangsung selama 6 jam (Selasa, 09/10/2018) dilaksanakan di Ballroom Hotel Damhil, dihadiri oleh 37 siswa kelas XII dan 5 orang guru produktif.

Table_Manner.jpg

Melakukan komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari berbagai latar belakang adalah salah satu kompetensi dasar dalam komunikasi industri pariwisata. Mengingat table manner menjadi salah satu materi yang diajarkan, kepala kompetensi keahlian UPW Nolva Podungge S.Pd tak ingin siswanya belajar melalui simulasi.

Kesempatan belajar yang hanya sehari itu tidak disia-siakan siswa. Hal ini nampak dari antusias mereka saat menerima materi yang diampu langsung oleh Erie Jatnika. Kegiatan diawali dengan diajaknya siswa melihat beberapa fasilitas yang menjadi ikon hotel berbintang tiga itu. Dengan gayanya yang santai tapi serius, lelaki muda kelahiran Bandung yang menjabat sebagai Food and Beverage Manager, menjelaskan pentingnya table manner dalam menciptakan keharmonisan dan memperat keakraban antar relasi atau klien, bahkan dalam hal mengenali sisi lainnya.

Tabel manner dalam sejarahnya merupakan kebiasaan Raja Louis dari Perancis yang selalu mengadakan jamuan dan mengundang bangsawan kerajaan sekitar. Saat ini table manner dikenali sebagai etika dan sikap yang dipergunakan pada saat makan. Adapun petunjuk yang benar dan penggunaan alat makan menurut Erie antara lain; Sikap duduk, Serbet (napkin), Alat makan, Minum, Menyantap roti, Menyantap sup, Menyantap daging/steak, Selesai menyantap hidangan, Sikap dan etika.

Usai mengikuti kegiatan, awak media center mewawancarai beberapa siswi. Kepada media center mereka mengungkapkan sangat terkesan dengan materi yang diajarkan. Kepiawaian Pak Erie saat menjelaskan sebelum praktik telah menambah perbendaharan pengetahuan dan keterampilan bagi kami. Ini adalah salahsatu kompetensi yang harus kami ketahui. Kami puas dan bangga telah memilih UPW, terimakasih buat sekolahku, terimakasih juga buat UTC Damhil, pungkas mereka yang tak ingin disebutkan namanya.


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 171 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id