ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Artikel ditulis oleh : Lindawati I. Nggilu, M.Pd
 
Pengembangan karakter diyakini perlu dan penting dilakukan sekolah sebagai pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan secara kaffa. Tujuan pendidikan karakter pada dasarnya adalah mendorong lahirnya anak-anak yang baik (insan kamil). Tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik akan mendorong peserta didik tumbuh dengan kapasitas dan komitmennya untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukan segalanya dengan benar dan memiliki tujuan hidup.
 
IMG-0231.jpg
 
Sebagai salah satu usaha mengembangkan karakter peserta didik, SMK Negeri 1 Gorontalo membuat program kegiatan berupa “Lomba Kelas”. Kegiatan ini dibuat dalam jangka waktu yang lama, 5 bulan, yakni dari September sampai berakhir Januari. Secara umum tujuan kegiatan yang dilaksanakan selama rentang waktu yang cukup panjang ini, adalah agar pola pembiasaan yang diprogramkan dalam waktu tersebut akan tertanam, dan terbentuk, dan pada akhirnya menjadi karakter yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik.
 
Secara khusus, melalui kegiatan lomba kelas ini diharapkan anak akan terbiasa:
  • Peduli lingkungan dengan memperhatikan kebersihan baik, di dalam kelas maupun luar kelasnya, setiap saat.
  • Mengembangkan nilai-nilai estetika.
  • Menjaga lingkungan yang sejuk dengan selalu memelihara kerindangan, atau tanaman hijau di lingkungan tempat belajarnya
  • Disiplin dan taat aturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah
  • Mengembangkan kemampuan berliterasi melalui cinta buku dan baca
Adapun kategori yang dinilai dalam lomba ini adalah 5K, yakni Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Ketertiban, dan Koleksi Sudut Baca. Masing-masing kategori memiliki beberapa aspek atau kriteria penilaian, dengan bobot yang telah ditentukan.
 
Alhamdulillah setelah selama sebulan kegiatan ini berjalan, minggu pertama Oktober, hasilnya diumumkan lewat upacara bendera.  Seluruh wali kelas mendapatkan raport, untuk melihat kemajuan mereka dalam membantu anak didiknya, mengembangkan karakter positif yang diharapkan. 
 

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 156 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id