ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Mengingat perkembangan SMK Negeri 1 Gorontalo dari masa ke masa kian pesat, kebutuhan akan masjid yang luas, permanen dan nyaman untuk beribadah sudah menjadi keharusan apalagi jika melihat kondisi warga sekolah yang mayoritas muslim. Daya tampung jama'ah yang semakin sempit dan kurang representative untuk kegiatan ibadah memotivasi pihak sekolah untuk segera merenovasi Mesjid Al-Muhlisin.

IMG-20180906_080855.jpg

Renovasi mesjid kebanggaan warga SMK Negeri 1 Gorontalo merupakan swadaya warga sekolah. Dana infaq dan sedekah yang dihimpun dari siswa, guru, alumni dan para dermawan selama ini dianggap layak untuk pembangunan mesjid, meski demikian masih dibutuhkan dukungan berupa sumbangan para dermawan mengingat mesjid yang baru akan dibangundengan konstruksi dua lantai, tutur Arjun Podungge, S.Ag selaku ketua panita pembangunan mesjid.

Keberadaan mesjid sekolah yang didirikan sejak tahun 1986 yang pada saat itu masih dalam nomenklatur Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) baru diresmikan pada Kamis, 30 Agustus 2001 oleh walikota Gorontalo saat itu Drs. H. Medi Botutihe. Pembangunan mesjid yang dimulai sejak kepemimpinan Drs. Bagenda Muljawab (1980-1992) berlanjut pada kepemimpinan H. Rizam M. Rauf, BA (1992-2000) memakan waktu lama hingga peresmiannya saat tampuk kepemipinan sekolah berada pada Drs. Samir Badu, M.Pd (2000-2008).

Sejarah panjang keberadaan Mesjid Al-Muhlisin dalam melahirkan generasi cerdas dan religius yang kini banyak menjadi pejabat daerah dan luar daerah sudah mengantar pada titik kulminasi bahwa peran serta alumni dalam renovasi mesjid yang membesarkan mereka sangat diharapkan. Keikutsertaan alumni mendanai renovasi mesjid ini merupakan perwujudan kepedulian terhadap output dan outcome SMK terbesar di provinsi ini, tandas Ruslan Payu kepada tim liput SMeK One Media Center secara terpisah.

Peletakan batu pertama pembangunan mesjid ini sudah dimulai saat pencanangan hari ulang tahun sekolah ke-63 (25/08) oleh Dra. Idah Saidah Rusli Habibie, MH. Akan tetapi sebagai warga yang masih kental terhadap tradisi dan budaya turun temurun, peletakan batu pertama oleh istri gubernur itu ditindaklanjuti dengan penentuan dan penetapan pondasi (dalam bahasa daerah Gorontalo disebut "PAYANGO"). Payango mesjid dilaksanakan pada hari ini (06/09) dilakukan oleh sepuh Hasan Mointi dengan memperhatikan gambar konstruksi yang dibuat oleh Amru Siola, MT serta dihadiri oleh beberapa guru pamong.

Sekilas tentang PAYANGO.

PAYANGO dalam bahasa daerah Gorontalo yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah PONDASI.
Umumnya Masyarakat Gorontalo disetiap mengawali suatu hajatan selalu mengedepankan PAYANGO. Penggunaan Payango dikalangan Masyarakat Gorontalo mengacu pada dua pendapat, yakni TAKHIM dan FAMANSYAHIDA.

Untuk mendirikan sebuah gedung seperti rumah, toko, mesjid, sekolah pada umumnya ada dua PAYANGO yang digunakan :

  1. Payango Walu (Pondasi Delapan) : merencanakan, menentukan dan menetapkan suatu pekerjaan dasar/pondasi, termasuk memperhitungkan nujum bulan, hari dan jam yang diyakini.
  2. Payango Tiyo (Pondasi Sembilan) : merencanakan, menentukan dan menetapkan tata letak dinding, pintu, jendela dan tiang raja.


Umumnya masyarakat Gorontalo meyakini payango karena alasan ingin damai, sejahtera dan langgeng serta dijauhkan dari bencana. Bahkan dalam menentukan hari peminangan dan pernikahan pun masyarakat kita banyak yang mengedepankan payango sebelum melaksanakan hajatan itu.

Sepuh yang paham tentang payango entah itu mengunakan Takhim atau Famansyahidah disebut Panggoba. Panggoba adalah Seseorang yang dianggap Tetua/Sepuh dibidang salah satu nujum (Takhim atau Famansyahidah). Jika mahir akan keduanya maka disebut sebagai Talenga. Kedudukan Talenga lebih tinggi dari Panggoba. Seseorang dengan gelar Talenga sulit ditemukan karena sifat kerendahan hatinya yang tak ingin dikenal. Gelar Talenga lebih banyak dikenali/disematkan masyarakat Gorontalo sebagai Tokoh Syufi.

 


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 58 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id