ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Bukan sebuah keberhasilan jika tak melalui tahapan ujian. Tak ada kesuksesan yang diraih secara instan. Barangkali demikian tepatnya keadaan yang dihadapi siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Gorontalo saat ini. Kesibukan nampak dimana-mana, dari mempersiapkan alat dan bahan hingga yang behubungan dengan teknologi dan aplikasi masa kini.

Keterampilan siswa dalam pendidikan yang diemban selama tiga tahun di uji dengan

dilaksanakannya UKK. Ujian Kompetensi Keahlian yang berlangsung sejak tanggal 22 hingga 26 Februari 2018 bertujuan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan keterampilan siswa selama menempuh pendidikan di SMK, serta merupakan salah satu penentu kelulusan.

UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

SMK Negeri 1 Gorontalo memiliki program keahlian yang menjadi unggulan antara lain, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otorisasi Tata Kelola Perkantoran, Analisis Pengujian Laboratorium, Bisnis Daring dan Pemasaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Usaha Perjalanan Wisata dan Broadcasting.

Pelaksanaan uji kompetensi keahlian ini menggunakan beberapa laboratorium yang dimaksimalkan sejak awal sebelum ujian di jadwalkan. Adapun tenaga penguji external dan internal yang didatangkan harus memenuhi standar yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan. Penguji external merupakan penguji yang berasal dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Sedangkan untuk penguji internal lebih banyak diampu oleh kepala program keahlian.

Suksesnya Uji Kompetensi tak lepas dari kematangan guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan terhadap siswa serta kesiapan siswa menerima semua bentuk proses pembelajaran di bangku sekolah. Disamping itu kesiapan fasilitas yang memadai sebaiknya dimaksimalkan sejak proses pembelajaran berlangsung, bukan nanti disaat menghadapi Ujian Kompetensi. Demikian yang diutarakan Dewi Zulkarmila salah seorang siswa peserta UKK kepada tim pemberitaan SmeK One News.


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 21 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id