ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Dinamika perkembangan teknologi yang semakin pesat serta berimbas pada berbagai hal dalam kehidupan bermasyarakat merupakan salah satu faktor pembentuk karakter generasi bangsa masa kini. Semakin canggih teknologi semakin canggih pula dampak yang ditularkan ke masyarakat. Hal ini jika tidak di antisipasi sedini mungkin akan berdampak buruk pada pembentukan karakter genarasi bangsa.

 

 

 

 

 

Menanggapi pesatnya perkembangan teknologi memicu pemerintah untuk bersegera memfilter setiap konten yang disajikan di dunia maya. Pemerintah melalui PUSTEKKOM mengajak guru-guru terampil di jajaran SMK yang ada di Provonsi Gorontalo dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Radio,Televisi dan Film untuk Pendidikan.

Kegiatan Bimbingan Teknis yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 29 – 30 November 2017 itu di hadiri oleh segenap pengajar TIK di SMK se Provinsi Gorontalo bertujuan melatih guru-guru lebih mengikuti perkembangan zaman yang saat ini tidak lepas dari penggunaan teknologi. Para guru sangat di harapkan dapat mengkombinasikan ilmu yang mereka miliki dengan teknologi yang tersedia.

Bimtek yang berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Gorontalo di pandu oleh tiga narasumber dari PUSTEKKOM, masing-masing Anas Sabayasa S.Pd.,M.Si., Indro Wiyarno, S.Pd. dan Nyoman Widia Anggreni, S.Si., M.A. Menanggapi keberadaan media sosial yang semakin mengiurkan salah seorang nara sumber menambahkan “kondisi teknologi yang kian pesat sudah harus mengarahkan para pendidik ke arah itu, karena dimasa mendatang kita tidak tahu teknologi apa lagi yang ada. Teknologi sekarang orang cenderung belajar lewat media digital, baik itu video, teks, maupun audio. Kita tidak dapat menghindar dari yang namanya teknologi, harusnya setiap guru mengikuti perkembangan teknologi. Guru harus meng-update diri menyesuaikan dengan anak-anak zaman sekarang, yang memang belajar nya lewat teknologi.

 

Dalam konteks pembelajaran berbasis media Radio, Televisi dan Film tak lepas dari biaya yang sangat tinggi, namun hal ini jika kita memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini dengan benar, tentu biaya yang mahal dapat di minimalisir.

Berkaca dari beberapa media asing yang sekarang ini merubah mainset lebih cenderung pada dunia pendidikan ketimbang hiburan, Nyoman Widia Anggreni, S.Si., M.A mengajak masyarakat, mendukung siapapun yang punya ide kreatif, termasuk mengemas konten pendidikan sebaik mungkin.” Termasuk memberi dukungan bagi team liputan Smek News pada saat mewawancara.

Dukungan narasumber ke program studi Broadcasting di SMK Negeri 1 Gorontalo adalah mengharapkan “Setiap karya terbaik siswa Broadcasting dapat di share ke PUSTEKKOM, agar dapat ditayangkan melalui televisi Nasional melalui upaya PUSTEKKOM sebagai bentuk apresiasi. Mengenai fasilitas yang masih kurang ini menjadi target selanjutnya.” (SFDAM/29112017)


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 38 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id