ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Sebagai bagian dari industri pariwisata, industri MICE (meeting, incentive, conference, and exhibition) semakin berperan dalam industri pariwisata saat ini. Pada paket keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW), MICE merupakan salah satu kompetensi kejuruan (kelompok C) yang wajib dimiliki oleh peserta didik yang diberikan ketika mereka berada di kelas XI sampai kelas XII. MICE sendiri merupakan suatu kegiatan kepariwisataan yang aktivitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business. Pembelajaran MICE dalam paket keahlian UPW dikemas dalam bentuk teori 30% dan praktek 70%. Teori diberikan di dalam kelas secara tatap muka (face to face) dengan metode diskusi dan tanya jawab. Sementara pembelajaran praktek dilakukan dengan membuat kegiatan (event) baik meeting, incentive, conference dan exhibition.

Kegiatan event Bazar Amal dengan tema “Belajar dan Berbagi” merupakan salah satu aspek dari kegiatan MICE yaitu Exhibition. Kegiatan Bazar Amal ini sepenuhnya dilaksanakan oleh peserta didik kelas XI dan XII UPW. Adapun tujuan dari kegiatan Bazar Amal ini adalah: 1) Terampil dalam menyusun dan membuat kegiatan MICE, 2) Mengasah potensi peserta didik melalui pengembangan kreativitas serta kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain dan peduli terhadap sesame, 3) Sebagai wahana menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik yang merupakan bagian dari kecakapan hidup (life skills education), 4) membangun sikap peduli peserta didik melalui kegiatan berbagi.

Kegiatan Bazar Amal ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu 24-26 November 2016 bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) SMK Negeri 1 Gorontalo. Target pengunjungnya adalah masyarakat umum dan seluruh warga SMK Negeri 1 Gorontalo. Kegiatan Bazar Amal ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo bersama Pengawas Pembina SMK 1 dari Diknas Kota Gorontalo didampingi oleh Wakasek Bidang Kurikulum dan Wakasek Bidang Hubungan Industri (Hubin) dan Alhamdulillah pelaksanaannya sukses. Namun suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan pihak sponsorship yaitu

  • Gramedia
  • Nutrifood
  • CV Mufidah
  • Gorontalo Post
  • Nateya Tour and Travel
  • Eljie Tour and Travel
  • Emtree Tour and Travel
  • Rabbani Hijab
  • Gubuk Ayumi
  • Rim Tour and Travel
  • Staff Dewan Guru SMK Negeri 1 Gorontalo
  • Tim GTT SMKN 1 Gorontalo
  • Pengurus OSIS SMK Negeri 1 Gorontalo
  • Orang Tua Peserta didik Kelas XI dan XII UPW

Total dana yang sudah dikumpulkan dalam kegiatan Bazar Amal ini adalah Rp. 5.077.000 dan dana ini sepenuhnya disumbangkan untuk kegiatan Amal yaitu membantu pembangunan Mesjid dan Panti Asuhan. Dana ini diperoleh dari sumbangan sponsor dan hasil penjualan barang berupa pakaian, asesoris HP, jilbab, dan topi. Untuk itu, atas nama SMK Negeri 1 Gorontalo kami mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Bazar Amal ini baik dalam bentuk materi maupun dukungan moriil. Tidak lupa juga an. Paket Keahlian Usaha Perjalanan Wisata, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo yang selalu mendukung setiap program di Paket Keahlian UPW.


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 26 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id