ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Sebagai bagian dari Program Kerja dari Kepala Paket Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Tahun 2016, One Day Tour merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh peserta didik kelas X (Sepuluh) setiap tahunnya.

Tujuan dari kegiatan one day tour ini adalah untuk menambah wawasan peserta didik tentang objek wisata yang ada di Provinsi Gorontalo dengan melakukan kunjungan selama satu hari penuh melalui kegiatan Observasi secara berkelompok. Manfaat dari kegiatan one day tour ini adalah peserta didik mendapatkan tambahan informasi mengenai objek wisata yang ada di Provinsi Gorontalo. Yang menjadi tujuan destinasinya adalah Pulo Cinta.

Pulo Cinta terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Pulo cinta merupakan satu pulau kecil berbentuk hati yang menurut legenda menjadi lokasi pertemuan rahasia pangeran dari Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Saat itu adalah masa peperangan, dan kedua insan dari pihak yang bertikai menyatu dan melupakan sejenak posisi mereka yang berseberangan. Saat malam hari bertabur bintang, mereka menikmati secret escape, to embrace the love. Resort yang baru mulai beroperasi di penghujung tahun 2015 ini memiliki 12 unit cottage, sebagian besar one bedroom villa, plus dua unit two bedrooms villa dan 1 unit 3 bedrooms villa sehingga semua tamu memiliki privacynya masing-masing.

Kegiatan one day tour ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2016. Peserta didik selain menjelajah (explore) pulo cinta berdasarkan Skema 5A (Accomodation, Accesibility, Activities, Amenities, Attraction) peserta didik juga mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan pemilik sekaligus manager Pulo Cinta Bapak Pascal. Peserta didik diberikan pencerahan dan motivasi oleh Bapak Pascal terutama yang berkaitan dengan pentingnya menjaga kearifan lokal Budaya Gorontalo, pentingnya kesadaran wisata seperti tidak melakukan vandalisme (membuang sampah sembarangan) di tempat wisata. Beliau juga sharing dengan peserta didik mengenai asal mula ditemukannya pulo cinta bahkan sampai pembiayaan pulo cinta.

Harapannya adalah semoga dengan kegiatan kunjungan tour seperti ini akan mampu membawa dampak positif dan membuka wawasan peserta didik akan pentingnya menjaga dan mempertahankan budaya Gorontalo dan kedepan mereka akan menjadi salah satu pelaku industri yang nantinya mampu memperkenalkan budaya Gorontalo hingga ke Mancanegara.


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 59 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id