ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

MEDIA CENTER (28/06/2019) - Era milenium yang semakin banyak memberi kemudahan bagi generasi saat ini dikhawatirkan dapat menggerus habis eksistensi budaya nasional dikalangan siswa. Para milenial yang notabene remaja yang berstatus peserta didik itu acapkali menganggap kesenian tradisional adalah hal yang kuno dan ketinggalan zaman.

Pagelaran_SeniBudaya.jpg

Memang banyak faktor yang menjadi penyebab mereka lebih gandrung pada tarian modern ketimbang tradisional. Selain dukungan teknologi masa kini, tarian modern lebih mudah dipelajari gerakan-gerakannya, mudah dimodifikasi, fleksibel dan tak mengikat. Akan tetapi, sekolah sebagai wiyata mandala memiliki tanggungjawab besar dalam melestarikan budaya nasional, tutur Drs. Ruslan S. Payu, M.Pd saat membuka Pagelaran Budaya Nasional dan Mancanegara Kelas X (sepuluh) SMK Negeri 1 Gorontalo pagi tadi di halaman Bengkel Multimedia.

Di tengah kerumunan warga sekolah yang sangat antusias ingin menyaksikan pagelaran seni budaya itu, selaku kepala sekolah, Ruslan menekankan, kegiatan ini jangan hanya jadi ajang gaya-gayaan, ada banyak kearifan lokal yang terkandung dalam budaya yang multikultural ini. Semua budaya yang ada mengajarkan etika dan tata krama yang tentunya sinergi dan relevan dengan muatan kurikulum khususnya dibidang pendidikan karakter.

Pagelaran_Seni_Budaya.jpg

Senada dengan kepala sekolah, Indra Pakaya, S.Pd yang didampingi Rahman Hiola, S.Pd dan tim teaching pengampu materi seni budaya mengatakan, pagelaran seni budaya yang ditampilkan oleh siswa kelas X dari 9 Program Keahlian ini menampilkan beragam busana, makanan dan tarian nasional serta mancanegara, bertujuan sebagai wahana untuk mengimplementasikan bakat dan kemampuan peserta didik di bidang seni budaya. Mereka diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi sendiri kemampuan dibidang ini. Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali, tepatnya usai pelaksanaan ujian semester genap, pungkasnya.



Penulis : Muhajirin AHM, S.IKom


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 32 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id