ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

MEDIA CENTER (05/01/2019) - Dalam rangka mengevaluasi program sekolah yang sudah dilaksanakan pada tahun 2018, termasuk di dalamnya pelaksanaan delapan standar pendidikan, dan membangun pemahaman tentang penilaian, utamanya terhadap pembuatan soal HOTS, serta pentingnya bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, merupakan tujuan utama diadakannya Lokakarya Penyusunan Perangkat Pembelajaran Semester Genap TP. 2018-2019. 
 
Selain itu pula, tersusunnya perangkat pembelajaran yang lengkap untuk semester genap dan penajaman kompetensi pedagogik, sebagai salah satu kompetensi yang harus benar-benar dikuasai oleh seorang guru profesional, diharapkan menjadi capaian utama dari pelaksanaan kegiatan lokakarya ini.
 
IMG1787.jpg
 
Kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari, (3 - 9 Januari 2019) bertempat di aula lantai dua, dihadiri  oleh seluruh staf dewan guru yang berjumlah 159 tenaga pendidik, dan dibuka langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo Drs. Ruslan S. Payu, M.Pd.
 
Lokakarya dilaksanakan dalam bentuk presentasi dan diskusi serta praktik. Harapan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kegiatan ini, panitia pelaksana menghadirkan 3 narasumber dari unsur pengawas antara lain; Dra. Hilda Deu, M.Pd selaku pemateri praktik penyusunan soal HOTS, Drs. Rustam Umalu, M.Si selaku pemateri penyusunan bahan ajar dan LKPD/Jobsheet, dan Dr. Najiefatussiri Kau, M.Pd selaku pemateri pengembangan kompetensi pedagogik guru.
 
Kepada awak media, Maryam Ibrahim, M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mengatakan, kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran awal semester kali ini berbeda dari yang sebelumnya. Hal ini dikarenakan evaluasi program yang sudah didahului dengan rakor, ditambah lagi dengan persiapan guru yang akan menyusun soal UAS, serta pembelajaran semester genap yang berbasis Teaching Factory (TEFA), sehingga guru benar-benar dituntut memiliki perangkat pembelajaran. 
 
Pembelajaran berbasis TEFA bertujuan untuk memaksimalkan kompetensi siswa, dengan tidak mengesampingkan penilaian karakter. Ini sangat relevan dengan Program Revitalisasi Sekolah. SMK Negeri 1 Gorontalo harus mampu menunjukkan kepiawaiannya dalam mewujudkan program pemerintah ini, karena kita sudah dipercaya oleh Kemdikbud.
 
Keberadaan perangkat pembelajaran yang sesuai, dan proses yang dilaksanakan terencana dengan baik, akan memberi hasil yang maksimal. Selain mudah dievaluasi, intervensi terhadap kinerja dapat diminimalisir, sehingga guru tak perlu khawatir karena memiliki data yang akurat, imbuh Maryam.
 
Terkait penguatan kompetensi pedagodik, jika hal ini betul-betul di kuasai oleh guru, maka menejemen di kelas akan menjadi tidak membosankan, karena guru bisa membuat pembelajaran di kelas itu menjadi lebih teratur dan menyenangkan, tandasnya.
 
Senada dengan Wakasek Kurikulum, Ruslan menegaskan, intervensi itu juga diperlukan, sepanjang sifatnya konstruktif. Akan tetapi, guru tidak perlu khawatir jika ada intervensi terhadap kinerja. Justru kita harus khawatir jika tidak dapat menunjukkan data siswa yang kita didik secara akurat. Dan ini yang sering terjadi, masih ada guru yang memberi penilaian kepada siswa tanpa melalui tahapan yang teratur dan analisa yang akurat, alasannya karena tidak mau tambah-tambah urusan. Atau bisa jadi demi menghindari penelusuran karena ketidakbecusan.
 
Intervensi kinerja guru juga jangan berlebihan, kita juga harus memberi keleluasaan bagi guru dalam membimbing dan menentukan kebijakan untuk penilaian. Jangan sampai karena intervensi yang berlebihan, meskipun sifatnya konstruktif, malah jadi mengebiri banyak hal yang menyangkut pengembangan kompetensi siswa, pungkasnya.
 
Lokakarya bukan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan tanpa makna, tetapi sangat perlu dilakukan dengan beberapa alasan, diantaranya melihat perkembangan informasi tentang kurikulum utamanya di SMK, yang memuat beberapa perubahan yang berkaitan langsung, baik dengan buruk peserta didik maupun proses pembelajaran, yang sangat penting untuk diketahui, maka sekolah menginisiasi untuk melaksanakan lokakarya ini sebagai lanjutan dari lokakarya penyusunan perangkat semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019.
 
 
Penulis : Trio APL-2 (Nurfazrin, Shalawati dan Putri Famessangi)

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 37 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id