ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Penulis : Ospin Ismail dan Nurindah Usman

MEDIA CENTER (17/12/2018)
- Dalam rangka menciptakan suasana kelas dan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan rapih, SMK Negeri 1 Gorontalo mengadakan sebuah program yang dilaksanakan secara berkelanjutan, yaitu kegiatan lomba kebersihan, kerapian dan keindahan kelas. 
 
IMG-1810.jpg
 
Lomba yang dimotori oleh Lindawati Nggilu, M.Pd itu selain memotivasi siswa untuk disiplin, kreatif dan kritis, juga memperebutkan piala bergilir Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo. 
 
Kegiatan lomba yang dilaksanakan dinilai oleh tim yang terdiri dari bapak dan ibu guru, serta non wali kelas yang ditunjuk langsung oleh Lindawati Nggilu selaku ketua panitia. Penilaian dilakukan setiap hari sesuai kegiatan KBM yang nilainya nanti diakumulasikan pada akhir bulan. Dengan demikian diharapkan, setiap harinya seluruh kelas tetap terjaga kebersihannya sehingga dapat membantu menciptakan suasana lingkungan kelas yang nyaman dan kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.
 
Penilaian yang dilaksanakaan sejak tiga bulan terakhir, rewardnya diumumkan pada saat upacara Senin pagi tadi. Kriteria lomba meliputi kebersihan, keindahan, kerapian dan kelengkapan administrasi kelas. Adapun aspek yang dinilai dalam lomba tersebut yaitu sikap peduli, sikap tanggung jawab, sikap disiplin dan etika/kritis yang melibatkan semua kelas  X, XI dan XII.
 
Seluruh siswa SMK Negeri  1 Gorontalo menyambut antusias program tersebut. Mereka berlomba-lomba untuk menghias kelas dan membersihkan kelasnya masing-masing. Salahsatu kreatifitas mereka adalah memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat taman hidroponik di kelasnya.
 
Menurut  Lindawati Nggillu selaku ketua tim penilai, kegiatan lomba kebersihan dan kerapihan kelas berjalan lancar dan maksimal, meskipun persaingan relatif ketat untuk memperebutkan piala kebanggaan. Peraih piala bergilir untuk tingkat sekolah adalah kelas XI RPL2 dengan rata-rat nilai 3,06, kelas XI MM2 rata-rata nilai 3,04, kelas XI TKJ2 rata-rata nilai 3,00, kelas X AKL1 rata-rata nilai 2,96,  kelas XI AKL2 rata-rata nilai 2,90, kelas XI TKJ1 rata-rata nilai 2,80 dan kelas X OTKP2 rata-rata nilai 2,66.
 
Penyerahan piala penghargaan di lakukan oleh bapak kepala sekolah kepada setiap ketua kelas di dampingi oleh wali kelas. Maimun Ahmad selaku wali kelas jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), mengaku bangga dan bersyukur siswa siswinya dapat meraiih juara dalam lomba tersebut.
 
Drs. Ruslan S. Payu,M.Pd saat ditemui menegaskan, kebersihan kelas sangat penting karena dengan adanya kebersihan kelas, bisa memberikan kenyamanan saat proses belajar mengajar, dan saya berharap semua warga sekolah sadar akan pentingnya kebersihan kelas, agar dapat  menciptakan kehidupan yang bersih, sejuk dan sehat, sehingga pribadi disiplin siswa terbentuk sejak dini.

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Pengunjung

We have 35 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id