ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Penulis Artikel : Moh. Upik Hasan dan Icha Husa
 
 
Kepala sekolah gelisah, karena kejuaraan Wiyata Mandala tahun ini, sekolah kita tidak membawa pulang piala. Piala Wiyata Mandala tadinya bergilir di SMK Negeri 1 Gorontalo. Namun sekarang, kejuaraan Wiyata Mandala beralih ke tingkat sekolah menengah atas lainnya. Hal ini dikarenakan menurunnya tingkat kesadaran para siswa yang acuh tak acuh dengan kebersihan lingkungan sekolah.
 
 
Asri.jpg
 
Berkenaan dengan hal di atas, kepala SMK Negeri 1 Gorontalo perlu mengadakan program kegiatan KIK. Program KIK (kreatif, inovatif, kompetitif) adalah program yang dilombakan bagi peserta didik untuk menjaga dan merawat lingkungan sekolah. Program tersebut bukan hanya untuk menjaga tetapi membuat peserta didik dapat berfikir lebih kreatif dan memotivasi siswa untuk berlomba-lomba membenahi kelasnya masing-masing.
 
Ada yang tidak biasa di telinga kita, saat mendengar program KIK menuju kelas ASRI. Program ini diadakan karena banyaknya siswa yang kurang kreatif, contohnya para siswa tidak dapat berfikir untuk mendaur ulang sampah plastik seperti botol aqua yang masih bisa didaur ulang menjadi pot bunga gantung, atau tempat buku di sudut baca kelas. Selain itu, masih banyak ide-ide lain lagi, bukan cuma plastik saja, sampah lain seperti daun pisang yang masih bisa diolah menjadi pupuk.
 
Ada beberapa siswa yang kurang peduli atau acuh tak acuh dengan kelasnya sendiri, seperti melihat meja dan kursi yang berantakan dibiarkan begitu saja. Selain itu masih banyak lagi kesalahan-kesalahan yang tidak disadari oleh siswa, seperti tidak memelihara budi pekerti atau tidak ada partisipasi dari teman sekelas dalam menegur siswa yang memiliki karakter yang membuat ketidaknyamanan di kelas. Oleh karena itu program KIK perlu diadakan di sekolah ini, yang dilaksanakan setiap bulan. Dengan adanya program KIK ini diharapkan begitu banyak siswa yang mulai membenahi kelasnya mulai dari awal. Sehingga kelas itu sudah bisa menciptakan suasana yang aman dan nyaman.
 
Program KIK diharapkan dapat membangun karakter siswa yang tadinya acuh tak acuh menjadi sangat peduli. Selain itu program ini juga dapat membangun keakraban sesama teman terutama teman sekelas. Nah, dengan adanya program Ini banyak siswa yang terdorong maju untuk membenahi kelas mereka, menuju kelas yang ASRI (Aman, Sehat, Rapih, Indah). 

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 134 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id