ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

MEDIA CENTER (10/12/2018) - Implementasi sistim Pelatihan dan Penilaian Berbasis Kompetensi, mensyaratkan tersedianya Asesor Kompetensi sebagai salah satu komponen utama dalam proses penilaian. Penilai memiliki posisi dan peran yang sangat strategis karena akan sangat menentukan kualitas uji kompetensi yang dilakukan.
 
Diklat_Assesor.jpg
 
Asesor dengan kompetensi dan kewenangan yang dimilikinya dapat merekomendasikan keputusan apakah seseorang sudah kompeten atau belum kompeten terhadap unit standar kompetensi yang dinilai. Asesor tidak hanya dituntut untuk mampu menilai kompetensi seseorang, tetapi harus mampu membimbing dan mengarahkan peserta uji untuk dapat menampilkan seluruh kemampuan terbaik yang dimilikinya dalam memenuhi bukti-bukti yang dipersyaratkan pada satu atau sekelompok unit kompetensi tertentu.
 
Dengan melihat posisi assesor maka perlu dipersiapkan suatu mekanisme bagaimana mempersiapkan assesor yang ‘qualified dan certified’, mulai dari penyeleksian, pelatihan serta uji kompetensi kepada calon assesor.
 
Diklat Asesor Kompetensi yang berlangsung selama 5 hari (10 Desember – 14 Desember 2018) diikuti oleh 24 peserta yang terbagi 20 guru dari SMK Negeri 1 Gorontalo dan 4 guru dari SMK Negeri 4 Gorontalo diharapkan mampu menghasilkan kualitas yang lebih spesifik, sebagaimana harapan Dunia Usaha dan Dunia Industri, sehingga kebutuhan akan kompetensi tinggi senantiasa mengacu pada skema kompetensi sesuai dengan profil yang diemban, tegas Ramlah Habibie, S.Pd, MM saat membuka kegiatan Pendidikan dan Latihan Asesor Kompetensi. Didampingi Kepala Bidang PSMK Dikbudpora Provinsi Gorontalo Ernawaty Panu, S.Pd, MM dan Pengawas Pembina SMK Negeri 1 Gorontalo Dra, Rety Bala, MM, Ramlah menaruh harapan besar, kegiatan ini dapat diikuti SMK lain yang ada di provinsi Gorontalo.
 
Sebelumnya Drs. Ruslan S.Payu, M.Pd selaku kepala sekolah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini amat penting dilaksanakan mengingat Program Revitalisasi SMK relevan dengan geliat Revolusi Industri 4.0 yang menuntut profesionalisme guru dalam menciptakan generasi siap kerja sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki.
 
Dalam kesempatan ini pula, BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) selaku instansi yang memiliki otoritas dalam penyelenggaran diklat Asesor Kompetensi, menugaskan 2 master asesor yaitu Ir. Wachjono dan Siti Saenab sebagai pemateri sekaligus penguji. 
 
Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga-tenaga assesor yang mampu melaksanakan penilaian atau uji kompetensi terhadap peserta uji dalam ruang lingkup kompetensi teknis sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu juga, kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan assesor yang kompeten dalam melaksanakan uji kompetensi sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Pedoman Assesor BNSP.

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 150 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id