ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Penulis : Aksan Sulaiman dan Rahmat Sakti Kaunang
 
 
Suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban terutama di lingkungan sekolah. Disiplin di lingkungan sekolah berhubungan langsung dengan karakter sisiwa. Oleh karena itu, siswa diharapkan berperan aktif  dalam menegakkan aturan yang diberlakukan oleh pihak sekolah. 
 
Patroli_Keamanan_Sekolah.jpg
 
Pada kenyataannya, hampir di seluruh sekolah masih banyak siswa yang ditemui kurang mematuhi aturan di sekolah. Permasalah itu juga dijumpai pada siswa SMK Negeri 1 Gorontalo. Sekolah yang terbilang sebagai sekolah besar di provinsi Gorontalo ini, masih dijumpai beberapa siswa yang belum menegakkan aturan sekolah, seperti kurang disiplin dalam berpakaian dan disiplin waktu.
 
Kurangnya penegakkan disiplin ini berdampak pada lingkungan sekolah, contohnya siswa terlambat saat upacara. Hal itu bukankah sangat mengganggu? Bayangkan, disaat siswa lain sudah siap dan barisan yang rapih menunggu bendera dinaikkan, tetapi ada saja siswa yang terlambat berani masuk dan tidak mau mengatur barisan. Bukankah itu menjadi pemandangan yang kurang elok?
 
DIBENTUKNYA ORGANISASI PKS
 
Ketidakdisiplinan sering kali terjadi di setiap sekolah, maka dari itu untuk menanggulangi masalah ini pihak sekolah dapat membentuk organisasi PKS. Apa itu PKS? PKS adalah singkatan dari Patroli Keamanan sekolah. Organisasi ini bergerak di bidang keamanan, ketertiban, dan kelancaran pelaksanaan event di lingkungan sekolah.
 
Menjadi seorang Anggota PKS tidaklah mudah, karena harus melewati 3 bulan pelatihan oleh pihak kepolisian. Setelah itu, baru bisa dilantik menjadi seorang anggota PKS. Tugas dari organisasi PKS ialah menjaga ketertiban dan keamanan sekolah. Patroli Keamanan Sekolah bisa sangat efektif untuk mengatur dan menjaga ketertiban sekolah karena mereka mempunyai wewenang dan sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian. Jadi siswa lebih segan dengan anggota PKS, coba bayangkan yang mengatur dan merazia siswa yang melanggar peraturan sekolah hanya siswa biasa.
 
Menurut kalian siswa yang melanggar tersebut akan turut dan patuh terhadap siswa yang menegurnya? Saya rasa tidak, karena siswa yang menegur tersebut pangkatnya sama dengan siswa yang melanggar dan diapun tidak memiliki wewenang. Itulah mengapa Patroli Keamanan Sekolah akan lebih efektif untuk penegakan aturan apalagi kalau bisa bekerja sama dengan osis.
 
Bagaimana PKS dapat menertibkan dan menjaga keamanan sekolah?
 
Patroli keamanan sekolah dilatih oleh pihak kepolisian, jadi tidak perlu dikhawatirkan tentang cara kerjanya. Sekolah bisa mengatur jadwal patroli untuk anggota PKS baik itu setiap bulan setiap minggu ataupun setiap hari , tetapi sebelum itu pihak sekolah harus membentuk dulu organisasi PKS. Jika belum ada, biasanya setiap sekolah sudah punya organisasi PKS tetapi sudah tidak aktif lagi, jadi harus diaktifkan kembali. Anggota PKS bisa merazia siswa yang tidak menggunakan baju yang sesuai dengan jadwalnya, siswa dan siswi yang terlambat, dan siswa yang melanggar peraturan lainnya. Sebab, sebenarnya peraturan itu sudah ada di sekolah, sehingga guru yang menegakan keamanan tidak akan kewalahan dan bisa terbantu dalam meneggakkan peraturan di sekolah.
 
Jadi solusinya pihak sekolah dapat membentuk organisasi Patroli Keamanan Sekolah (PKS), organisasi yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan bergerak di bidang kemamanan dan ketertiban lingkungan sekolah, dengan mekanisme organisasi PKS bisa dibagi jadwal patroli untuk membantu guru dalam menegakan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Ingat! Peraturan dibuat untuk dipatuhi bukan untuk dilanggar.

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

  • Guest - rtr

    The Cheap Jordan 4 Internationalist comes dressed in an array of earth tones including Vegas Gold, Tan, Sail, White and Black. As you can see, Tan mesh makes up the base, while Vegas Gold hits the suede overlays on the toe cap, eyestays, and heel. Sail can be seen on Sply 350 Meaning, while White takes care of the Swoosh and midsole. Completing the look is Black accents on the tongue, heel and outsole.

    0 Like Short URL:
  • louboutins mensred bottom mens sneakers red bottoms mens shoesdays as location ,terrain and better .

    0 Like Short URL:

Pengunjung

We have 42 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id