ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

MEDIA CENTER  (05/12/2018) - Kemampuan peserta didik menimba ilmu selama satu semester memasuki tahap evaluasi. Ujian Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di SMK Negeri 1 Gorontalo yang digelar sejak Senin (03/12/2018), diawali dengan keikutsertaan 552 siswa kelas duabelas, diharapkan menjadi parameter mengukur hasil belajar untuk digunakan sebagai objek penialian, dengan maksud melihat kembali apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai serta apakah proses belajar mengajar telah berlangsung secara efektif dan efisien. 
 
Ujian_Semester_Ganjil.jpg
 
Evaluasi senantiasa mencakup kegiatan pengukuran dan penilaian. Jika ditinjau dari tujuannya, ujian semester dibedakan atas evaluasi diagnostik, selektif, penempatan, formatif dan sumatif. Namun apabila ditinjau dari sasarannya, dapat dibedakan atas evaluasi konteks, input, proses, hasil dan outcom. Proses evaluasi dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengolahan hasil dan pelaporan. 
 
Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo, Drs. Ruslan S. Payu, M.Pd saat ditanya tentang resistensi yang sering terjadi saat evaluasi, cenderung mendahulukan nilai konsiderasi ketimbang nilai kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga cakupan kegiatan pengukuran dan penilaian tidak berbanding lurus dan terkesan redudansi.
 
Menurut Ruslan, resistensi atau hambatan saat evaluasi terjadi akibat tertundanya rekapitulasi nilai semester oleh pengampu mata pelajaran, atau bisa jadi tidak adanya nilai perkompetensi dasar sehingga aspek kognitif, afektif dan psikomotorik berakhir dengan redudansi/ramalan. Melalui konsep manajemen sekolah berbasis TIK yang merupakan Program Revitalisasi SMK, hal semacam itu dapat diminimalisir, sehingga fungsi utama evaluasi untuk menelaah tiga aspek tadi sangat tepat, riil dan tidak didahului nilai pertimbangan, serta menjadi dasar untuk pengambilan keputusan. Ujian semester bukan hanya menguji kemampuan siswa, tapi juga mengevaluasi sejauh mana kompetensi guru dalam mewujudkan generasi handal, pungkasnya.
 
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Maryam Ibrahim, M.Pd mengatakan, ujian semester ganjil tahun ini masih sama seperti tahun-tahun kemarin, yakni berbasis komputer. Hanya saja, untuk tahun ini ada pengurangan sesi karena beberapa lab komputer yang sudah dimaksimalkan. Terkait pendisiplinan siswa terhadap waktu mulai ujian dan mengantisipasi penyisipan siswa kelas XI dan kelas X saat keluar dan masuk sekolah, siswa peserta ujian sudah dibekali kartu penanda peserta ujian, sehingga petugas piket dengan mudah mengenali setiap siswa.
 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
  • No comments found

Pengunjung

We have 45 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id